Ide Bisnis Dari #NewNormal

Akhirnya saya pake istilah #newnormal hehehe 

Munculnya wacana untuk membuka keran PSBB secara perlahan dengan disertai protokol (jangan tanya apakah bakal dipatuhi sempurna atau nggak ya 😁) kemudian melahirkan semacam daily essentials baru khususnya buat kaum urban pelakon kehidupan komuter.

Karya byputy 

Sebagian dari barang-barang dalam daftar ini, sudah ada dalam tas saya sebelum masa karantina. Yang sering jalan bareng, pasti paham (sekaligus bawel ngapain sih bawa tas gede banget sampe isi rumah dibawa πŸ‘€). Dan, daftar bawaan itu akan bertambah dengan helm sebagai salah satu benda penting bagi pengguna ojol macam saya. 

Coronavirus ini ya, memanglah hebat pengaruhnya sampai kemudian menginspirasi ide bisnis dan tren fashion berupa masker kain dengan segala desainnya. Kalau dulu kaos adalah salah satu cara speak out sekaligus donasi, sekarang udah banyak yang melirik masker kain sebagai merchandise amal. Bertahan hidup juga menjadi alasan merilis produk ini bagi beberapa jenama ternama.

Dari ilustrasi cute karya Puty Puar ini bagi yang jeli dan cuan oriented seperti paparan Glennmars dalam kelas Akber yang sempat saya tulis di sini, ada beberapa peluang menghasilkan uang yang bisa didulang:

Helm

Sebagai must have item buat kaum boncenger, helm mulai dianjurkan bagi pengguna ojol. Jadi, buat yang punya toko helm siap-siap seriusin jalur daring lewat marketplace dan IG yaπŸ‘‹πŸΌ. Pabrikan helm sendiri mungkin udah waktunya memikirkan kolaborasi dengan desainer untuk membuat helm yang stylish, ringkas, dan ringan (bayangin buat ditenteng mbak-mbak SCBD gitu deh). Bukan gak mungkin juga akan dikembangkan helm lipat seperti keluaran Closca ini



Tas Helm

Karena bakal jadi salah satu daily essentials kaum komuter, tentunya dibutuhkan tas untuk menyimpan helm.  Default-nya kalau beli helm sih bakalan dapat satu tas. Tapi yaa ingatlah bahwa kebutuhan itu bisa diciptakan untuk membuat roda perekonomian tetap berjalan dengan terobosan-terobosan hehehe...

Tas bawaan dari helm mahal

Beberapa contoh tas helm yang stylish sudah saya buatkan utasnya di sini. Yang punya usaha konveksi rumahan dan apparel sudah waktunya diseriusin nih.

Masker Pouch

Udah punya berapa model dan motif masker kain? When everyone has made their own masks, let's take steps by making a pair of mask and pouch. Ini bukan ide baru sebetulnya karena teman saya udah meluncurkan produk masker dan pouch sekaligus. Pengembangannya bisa dengan membuat pouch yang dilapisi bahan anti air ya? Kayak snack pouch keluaran beberapa zero waste store

Snack pouch dari demibumi.id 



Cleaner & Sanitizer

Sebelum coronavirus menyerang, hand sanitizer sebetulnya udah duluan jadi salah satu daily essentials. Inget kan tren pocket bac? Siap-siap bikin sabun cuci tangan dalam kemasan cantik yang bisa dibawa ke mana-mana. TBH saya pernah ada di masa selalu  sabun castile multifungsi yang diiris tipis dan dimasukkan dalam wadah bareng reusable stuff untuk jaga-jaga kalau sabun cuci tangan di rumah makan terlalu encer (biar irit ya!😀) atau bahkan gak ada. Masukkan juga fitur melembapkan dalam sanitizer keluaran kamu karena tangan kering adalah salah satu efek samping dari keseringan cuci tangan.


Bath & Body Works 

Oh ya, dengan kebiasaan baru bawa-bawa helm ini juga memungkinkan untuk bikin usaha loker di mal. Kan gak enak banget ya mau ngemal tapi harus nenteng helm ke mana-mana. Mirip kayak punya pop box ini deh

Gambar dari PopBox Asia

Benda-benda yang sudah ada tapi layak dinaikkan lagi sebagai jualan adalah wadah tisu cantik dan set alat makan (ada gunanya juga dapat goodie bag alat makan dari brand hahaha 😎). 

Mumpung masih awal, gak mau mulai nih?


Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

1 comments:

Zam said...

orang Indonesia biasanya kreatif kalo kepepet.. kita tunggu inovasi apa di era New Normal ini..