Duit Digital


Setuju kan kalo ketinggalan ponsel lebih menyebalkan daripada ketinggalan dompet? Alasannya simple, kalau ketinggalan dompet dan kita harus bayar ongkos pulang pake taksi tinggal telepon ke orang rumah supaya disiapin uang tunai untuk bayar tunai. Sementara kalau ketinggalan ponsel, udahlah ya mending pulang dulu daripada banyak janjian terlantar hahaha..

Saya termasuk golongan yang lebih rela ketinggalan ponsel daripada dompet sih.  Bukan semata karena kerjaan yang memang mengharuskan berhubungan dengan banyak orang (dan semua contact info ada di ponsel tentu saja) tapi juga fitur-fitur yang mulai dibenamkan dalam ponsel saya. Sebut aja salah satunya adalah e-cash alias duitdigital besutan Bank Mandiri itu. Udah pernah denger?

Kalau pernah menggunakan duit digital seperti yang dimiliki oleh beberapa operator telco, e-cash punya kemiripan. Bahkan, pendaftarannya lebih mudah karena bisa dilakukan lewat USSD alias kode-kode tertentu pada ponsel tanpa perlu daftar ke bank.  Tinggal ketik *141*6# trus ikuti aja perintahnya.  Simple banget kan?  Kalau mau upgrade jadi registered user, baru deh kita hubungi orang Bank Mandiri atau cukup lewat e-banking. Juga nggak perlu punya rekening Mandiri untuk bikin e-cash kok karena proses top up bisa dilakukan via ATM non Mandiri atau agen. Mirip-miriplah sama e-money gitu.  Oh ya, kalo males atau gak sempet ke bank untuk upgrade jadi registered member juga gak apa sih, karena privilege buat registered member juga nggak jauh dengan unregistered. Buat saya yang kebutuhan utamanya sekedar transaksi tanpa pusing nyari uang receh (kemudian diminta sama mbak kasir hahahaha) cukuplah. Tapi kalau memang kamu butuh Tarik tunai atau transfer sebaiknya upgrade jadi registered member sih.


Satu pertanyaan besar ketika layanan duit digital yang dibenamkan dalam ponsel diluncurkan adalah resiko keamanan. Nah, Mandiri sendiri sebagai bank yang udah pengalaman banget udah mempersiapkan sekuriti dari e-Cash kok. Selama PIN kamu nggak disimpan dalam ponsel yang sama maka simpanan dalam rekening e-Cash bakal aman. Ke depannya, saya sih berharap bisa belanja aplikasi ponsel atau perangkat lunak lewat e-Cash juga.  Kenapa nggak? 
Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

2 comments:

Sriyono Suke said...

Kirimin duitnya kak enooo...

e-no si nagacentil said...

*brb transfer e-cash* XD