Bakmi Jawa Mbah Suro ... Ho Ho Ho

Baiklah...

Postingan kali ini saya akan menulis review wisata boga. Setelah dua tulisan saya tentang hidangan Meksiko dan sate klatak di Depok terpilih menjadi salah satu pengisi di laman DetikFood, rasanya saya jadi semakin pe-de untuk berbagi cerita sebagai seorang gastroblogger (^_^).

Di kantor saya terdahulu, yang lokasinya sangat strategis sebagai tempat nongkrong Jakarta dan dilimpahi banyak sekali sasaran empuk para petualang kuliner, saya menemukan satu hidangan yang sangat pas untuk dimangsa di musim penghujan ini. Namanya Bakmi Jawa Ivan Mbah Suro. Saya sendiri kurang paham siapa itu Ivan, yang pasti warung tenda dengan warna spanduk khas kuning menyala ini layak untuk disambangi.



Sesuai judul, hidangan andalan yang laik coba adalah bakmi godhoknya. Nilai tukar seporsi mi kuah ini hanya 12ribu rupiah untuk porsi yang lumayan besar. Dengan add-on items berupa suwiran daging ayam kampung dan pasangan daun bawang-seledri, mi godhok ini selain mengganjal perut yang lapar juga membantu menghalau dingin di kala hujan menerjang. Untuk penyuka pedas, jangan lupa untuk me-request special additional accesorries berupa irisan cengek (cabe rawit hijau - blogger) yang akan menghangatkan rongga mulut. 


Selain bakmi godhog, Bakmi Jawa Mbah Suro yang menempati lokasi persis di depan Alfa Midi (satu kompleks ApJay yang kesohor dengan bubur ayamnya itu) juga menjual bakmi goreng dan olahan nasi. Nasi goreng kebuli kambing racikan Mbah Suro juga recommended to try. Tambahan acar wortel dan timun yang asam segar rasanya akan mengimbangi perasaan bersalah usai menyantap irisan kambing yang spicy khas Timur Tengah. 

Ada satu jenis minuman di kedai ini yang unik. Secara fisik, tampilannya serupa dengan wedang uwuh di Kopi Tiam Oey atau  Sate Klatak Pak Mulyo Depok: full rempah. Sayangnya saya tidak menemukan judul minuman tersebut di memori otak yang terbatas, mungkin perlu refreshment dengan kunjungan ulang hahaha... Pastinya, minuman yang khasiatnya setara dengan bir pletok tradisional Betawi ini bisa membunuh kebekuan jika Anda pengendara motor yang terserang hujan lebat.


Selain di Panglima Polim, Bakmi Jawa Mbah Suro yang menggunakan anglo dan arang sebagai bahan bakar untuk menjaga keaslian rasa khas ini, juga membuka kedainya di kawasan Cipete.
Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

8 comments:

Iman said...

Pertamaxx

Wah belum pernah mampir kesitu. Tapi kayaknya lumayan layak ya untuk dikunjungi apalagi musim hujan begini.

Ulasannya bikin laper hehehe. Ditunggu catatan kuliner selanjutnya :)

luvie said...

hmmm.... pengen coba nasi kebulinya... kapan2 pengen kesana ah...

*celingukan cari korban yang bisa menemani*

e-no si nagacentil said...

@Iman emang tujuannya menggoda iman hahaha :-)

e-no si nagacentil said...

@luvie cek peta sebelum nyasar yak xixixi

penakayu said...

wah cipete deket mizan yak. kapan kapan dech muampir insyaalllah :-p

e-no si nagacentil said...

@yons iyah, dari MP book point lurus aja yang ke arah fatmawati sama abuba steak, imho enakan yang di PP sih kalo buat ngangkring2 ga penting

yati said...

heh, ini ya yang bikin gw ngiler malem2 itu?
belom pernah makan bakmi jawaaaaa.... :(( :(( denger ceritanya doang! pas ke jogja kemaren jg ga sempet nyicipin.
pake anglo dan arang emang bedanya apa ya?

Unknown said...

MAAF SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA ANDA YANG PENGGILAH TOGEL KALAU , AWALNYA ITU SAYA CUMA PENJUAL KERUPUK KELILIN YANG PENDAPATANNYA TIDAK SEBERAPA., SAYA PUNYA TIGA,ANAK DAN HUTAN KAMI PUN TAMBAH MENUMPUK, ANAK JUGA BUTUH BIAYA SEKOLAH,DAN AKHIRNYA SAYA DIPERTEMUKAN DENGAN NOMOR HP MBAH SURYO , DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,AKHIRNYA SAYA DI KASIH ANGKA GHOIB 4D, ALHAMDULILLAH ITU PUN TEMBUS,DAN DENGAN ADANYA BANTUAN DARI MBAH SURYO , SEMUA HUTANG SAHUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARANG INI SAYA SUDAH BUKA USAHA SENDIRI!!! INI KISAH NYATA DARI SAYA DAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN. SENDIRI,BAGI YANG BERMINAT HUB MBAH SURYO DI NOMOR INI ; 082-342-997-888