Deep: Side Job Buat Yang Hobi Begadang

Kata bang Rhoma: jangan begadang kalau tak ada gunanya. 

Buat Jane, dengan begadang dia bisa lebih banyak waktu untuk menyiapkan dagangan sebagai mata pencarian. Sebagai yatim piatu sekaligus tulang punggung keluarga, setiap menit berharga. Apalagi dia punya tanggungan satu adik perempuan (June) yang ndableg plus nenek yang udah lewat masa produktif. Karenanya, ketika ditawari bergabung sebagai relawan untuk sebuah proyek rahasia dengan kode Deep, Jane langsung mengiyakan.



Tagihan sewa rumah dan biaya hidup adalah alasan utama Jane tertarik. Bayarannya lumayan.  Jane nggak sendirian, berturut-turut dia ketemu Win si tukang dugem, Cin beauty vlogger terkenal, dan Peach gamer yang nerd. Semua punya kesamaan: susah tidur. 

Briefnya sederhana: mereka dilarang tidur selama durasi yang ditentukan. Sebagai penanda, di tengkuk ditanamkan chip yang terhubung dengan smartwatch dengan desain khusus. Kalau mereka ketiduran lebih dari 60 detik, alarm smartwatch akan berbunyi keras. Lebih dari itu? Nyawa taruhannya alias mati. 

Smartwatch ini tampilannya gak jauh beda dengan jam pintar lain yang bisa mengukur kegiatan harian. Bedanya, layar smartwatch Deep hanya memuat kadar qratonin, hormon yang cara kerjanya berlawanan dengan melatonin si penyebab lelap. 

Seri pertama eksperimen, mereka lolos. Honor pun dinaikkan jika tertarik lanjut ke level kedua. Durasi begadang tentu lebih panjang, di sini mereka mulai kelimpungan. Win jadi nggak fokus dan mulai halu saat main basket. Jane bahkan sampai shock karena kadaver di meja operasi yang dihadapi berubah jadi sosok neneknya. Cin bahkan nyaris mati, gegara tanpa sengaja masuk ke kamar Peach yang diam-diam menyukainya dan memajang banyak banget fotonya di kamar.

Berempat, mereka kemudian memutuskan berhenti di level ini dan meneruskan hidup seperti biasa. Dan hal yang pertama yang dilakukan tentu aja: tidur bagai kebo 😴

Tapi namanya hidup emang gak kenal smoothing, nenek Jane mendadak sakit dan butuh biaya banyak. June diam-diam  mengikuti program Deep. Sialnya, ketauan juga dan membuat Jane marah dan melabrak. Pihak lab Deep setuju membolehkan June pergi dengan catatan Jane dan tiga temannya bersedia melanjutkan eksperimen.

Ber-genre thriller dengan latar belakang drama dan sentuhan sains, Deep cukup membuat saya penasaran dan menggali lagi kamus fisiologi serta endokrinologi untuk mencari tau apakah qratonin itu nyata 😁 Jawabannya tentu saja fiktif. 

Sepanjang film, saya malah susah fokus dan mengidentikkan para pemain yang mirip aktor lokal. Coba lihat deh...


Berurutan dari kiri ke kanan: Cin si beauty vlogger yang tampilannya gabungan Poppy Sovia dan Dewi Rezer, Win si anak dugem sekilas kayak Rangga Smash, sedangkan Peach mengingatkan pada Dennis Adishwara si Mamet. 

Nah kalo Jane ini mirip siapa ya?


Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

0 comments: