Film Bebas: Bring Back Memories From 90s


Seperti apa kamu di jaman SMA?

Saya: anak lumayan pinter dan cenderung cupu, yang gak pernah bergaya macam-macam waktu sekolah dan hanya bisa memandangi gebetan dari kejauhan tanpa berani bilang "hai kak!"

Percaya gak?

Bicara soal masa SMA memang seperti membuka gembok buku diary. Tiba-tiba terhempas ke puluhan belasan tahun waktu masih enak-enaknya jadi anak berseragam putih abu-abu.  Hidup cuma berkutat seputar pelajaran sekolah, ulangan, PR, dan main-main dengan imbuhan sedikit romansa. Indah ya? Kenangan inilah yang dihamburkan dalam film Bebas.

Jujur, saya gak punya bayangan apa-apa ketika melihat trailer film Bebas bersliweran di sana-sini. Meski banyak yang bilang film ini adaptasi dari film Korea Sunny. Tapi, dengan nama Mirles di belakangnya rasanya film ini menjanjikan. 

Bebas, diawali dengan pertemuan gak sengaja dua anggota geng jaman SMA Vina Panduwinata  dan Krisdayanti (ini beneran namanya loh hahaha). Dari sini, keduanya berinisiatif mengumpulkan lagi teman satu geng jaman SMA dulu. Kepingan puzzle berisi kenangan di masa putih abu-abu pun bergantian ditayangkan dengan masa sekarang.

Melihat masa lalu dan membayangkan masa depan memang selalu menarik. Seperti apa sih geng jaman SMA setelah puluhan tahun kemudian?

Yuk kenalan dengan mereka



Vina (Maizura, Marsha Timothy), si anak baru yang dulu culun menjelma jadi ibu muda cantik jelita. Kris (Sheryl Sheinafia, Susan Bachtiar) dulu tomboy dan jago bela diri, kini hidup bergelimang materi dan digerogoti penyakit kanker. Jessica (Agatha Priscilla, Indy Barends) yang terobsesi jadi cantik, fokus berkarir sebagai agen asuransi. Gina (Zulfa Maharani, Widi Mulia) putri pengusaha sukses di jamannya, di masa sekarang justru harus membanting tulang menghidupi keluarga dan ibunya yang sakit-sakitan. Jojo (Bhaskara Mahendra, Baim Wong) konon tokoh tambahan karena karakter asli di Sunny semua cewek,    menjalani hidup ideal jadi pengusaha dan punya pacar kece (?)

Nah, terus ke mana satu tokoh lagi?

Suci muda, diperankan oleh Lutesha (TBH pas liat mukanya kok mirip Meriam Bellina yak) menghilang begitu saja sejak satu peristiwa yang membuat geng Bebas dengan sangat terpaksa dibubarkan. 

Film Bebas penuh dengan nostalgia dan seperti melempar kamu ke tahun 90an. Gak heran kalau setiap adegan dan setting-nya bikin kita yang emang gede di jaman itu ngerasa "eh yaolo itu kan...."

Ditambah lagi, potongan musik latarnya yang bener-bener mengajak balikan ke masa lalu. 


Overall, film Bebas ini seperti rujak: rasanya rame (minjem slogan iklan Nano Nano yah!) dan enak dinikmati bareng-bareng. Ada romansa, komedi, sampai drama yang tanpa nyadar tau-tau eh mata basah. 

Mumpung masih tayang, buruan deh cek jadwalnya di bisokop trus ajak temen-temen kamu nonton bareng. Setelah ini, yakiin deh kamu pasti pengen reuni lagi kan?





Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

0 comments: