3.500 saja...

Pagi itu, turun dari CommuterLine seperti biasanya, Transjakarta adalah moda tranportasi untuk mengangkut saya sampai ke tempat berkarya. Masih nyambung jalan kaki lagi sih, lumayan lah buat nambahin daily goals di activity tracker saya. Dengan e-ticket di genggaman, penuh percaya diri saya melangkah mendekati gate. Sedikit tergesa karena Transjakarta yang ditunggu sudah menjelang. 

Tubuh kartu saya lekatkan pada tap area di gate...
Tak ada yang salah, ini ritual yang selalu saya lakukan setiap hari. Setidaknya dua kali saat pulang dan pergi, dan biasanya lancar-lancar saja.

Tapi rupanya, nggak semua hal berjalan seperti biasa. 
Kartu e-ticket saya mogok, ogah berfungsi seperti sehari-hari. Sementara di belakang, antrian pengguna Transjakarta menunggu saya menyelesaikan transaksi. Saya panik, mundur dan mengisi ulang kartu (yang ternyata habis) tentu saya akan berefek domino: ketinggalan Transjakarta --> menunggu bis berikutnya yang jamnya sering nggak pasti --> terlambat sampai kantor padahal meeting bareng team menanti.

Saya panik, kesal, dan sedih.

Di saat itulah, pahlawan penyelamat datang. Nggak, dia nggak membawa perisai seperti Captain America. Apalagi bercakar macam Wolverine. Dia adalah seorang bapak yang menunggu di dalam halte, lalu berbalik mendekati dan melakukan tap in dengan kartunya.

"Silakan mbak", seulas senyum membingkai sebuah pertolongan sederhana yang diberikan. Bertepatan dengan keberhasilan saya melangkah masuk halte, bis pengangkut saya datang.

"Terima kasih Pak!" senyum lega saya membalas kebaikan si bapak yang kemudian berlalu ke dalam bis yang sama, lewat pintu berbeda.

Tiga ribu lima ratus rupiah saja, angka yang hilang dari saldo dalam e-ticket bapak pahlawan tapi sudah cukup menyelamatkan "hidup" saya pagi itu. Memberikan paparan sekali lagi pada saya bahwa berbuat baik itu mudah kok...


Gambar dari Wikipedia

Cerita di atas adalah ilustrasi, kejadian sebetulnya adalah saya meminjamkan kartu e-ticket saya pada seorang bapak yang kartunya gagal bertransaksi. Terjadi berbulan-bulan lalu...

Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

2 comments:

Timo said...

Jadi ... kamu sbg superhero bawa tali laso spt Wonder Woman, kah? #eh

Unknown said...

Bapak itu duda atau single atau mendua kak ???
trus kamu ngak kenalan sama si pahlawan itu ????