Meet The Cat Daddy

Ternyata ya, rockstar jaman sekarang itu nggak melulu musti seleb dengan muka kiyut macam OneDi Ansel Elgort. Seorang Jackson Galaxy, yang berbadan gede dan tatoan (tapi perhatian banget sama kucing!) juga menjadi idola baru anak muda Jakarta. Setidaknya kelihatan banget di event jumpa host My Cat From Hell di Gandaria City dua hari kemarin.

Pelanggan Animal Planet di tipi kabel pastinya familiar dengan lelaki botak berkacamata ini yang setiap Rabu malam menyapa penyuka kucing ini. Nggak punya tipi kabel? Coba klik di sini buat ngintip apa aja yang dipaparin mas Cat Behaviorist asal negeri Paman Sam ini. Lewat tayangan ini kamu akan tahu gimana seharusnya memperlakukan kucing dengan baik dan benar =3 

Bisa foto bareng mas Jackson! 

Lucky me, bisa ketemu langsung dengan Galaxy. Mendengarkan paparannya soal mahluk berbulu yang dikenal manja (dan sedikit culas tapi menggemaskan!). Ternyata nggak sedikit lho salah kaprah yang telanjur mengakar seputar perawatan dan perlakuan pada si kucing. Misalnya aja soal makanan, Galaxy menegaskan bahwa sejatinya kucing adalah pemburu sehingga udah dari sononya mereka adalah karnivora alias pemakan daging. Jadi, kalau kamu sayang kucing jangan memberi mereka makanan manusia. Eh, ada lho salah satu klien Galaxy yang suka share donat ke kucingnya. Katanya nggak tega, pas lagi mama si kucing cuma bisa memandang. Padahal, memberikan makanan tinggi kadar gula ke kucing berisiko menyebabkan si kucing jadi liar tak terkendali. Nah lho!

Sebagai karnivora, kucing juga sebaiknya mengonsumsi wet food (semacam ikan atau daging segarlah!) bukan dry food alias makanan kucing pabrikan. Kalau manusia aja musti mengurangi processed food, mustinya kucing juga ya?

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan manusia adalah menganggap kucing sebagai mainan atau lebih parah lagi boneka tak bernyawa yang bisa diperlakukan seenaknya. Padahal kucing juga punya rasa, eh gimana? Pelajari bahasa tubuh kucing supaya kamu nggak menjadi korban cakaran atau bahkan gigitan mereka. Kalau anjing mengibaskan ekor tanda bahagia, nggak demikian dengan kucing. Justru kucing memberikan sinyal "senggol bacok" lewat kibasan ekornya. Juga, ketika mereka telentang pasrah bukan berarti kamu boleh unyel-unyel area udelnya lho, mereka bisa sebel. Posisi itu menandakan kucing udah trust sama kamu dan merasa aman tentram bahagia. Jangan rusak dengan menyentuh perutnya ya. Iya. 

Suka heran sama kelakuan kucing sekarang yang nggak napsuan sama tikus? Ternyata salah satu penyebabnya adalah perlakuan kita yang jarang ngajak kucing main. Seharusnya kucing tetap diperlakukan sesuai habit-nya di alam liar, ajaklah main tikus-tikusan biar si kucing tetap lincah dan reaktif saat melihat kerabat Mickey Mouse. 

Buat kamu yang beneran pengen miara kucing, Galaxy dalam salah satu episode programnya juga menayangkan desain rumah ramah kucing. Ide ini dituangkan dalam bukunya. Ehm jangan tanya saya ya di mana belinya hehehe...


Demi kesehatan si mpus, kalau kamu punya kucing cewek sebaiknya lakukan sterilisasi saat si kucing masih muda belia. Eh ternyata umur lima bulan meong udah bisa hamil! Ini umur ideal buat mengebiri kucing betina. Selain mencegah over-populasi kucing yang udah banyak, steril juga membantu mengurangi risiko kanker pada si manis. 
Menutup rangkaian jumpa fans, Galaxy juga nitip pesan buat penyayang kucing yang belum sanggup memelihara atau adopsi kucing liar. Kalau ada rejeki lebih, alokasikan buat sterilisasi para kucing betina. Ini lebih baik daripada membiarkan bayi-bayi kucing tersia-siakan. Di Indonesia, ada kok organisasi yang salah satu kegiatannya adalah sterilisasi kucing. Kamu bisa membeli pernak-pernik mereka untuk donasi.


Nah gimana, udah dapat pencerahan soal perkucingan?


Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

0 comments: