Semangat Semut

Banyak semut di rumahku. gara-gara kamu malas bersih-bersih...


Itu kata Enno Lerian semasa masih anak-anak (kalo sekarang udah menghasilkan anak lagi ya hihihi).  Dan lirik itu kayaknya dianggap jadi semacam "rumus baku" kebersihan rumah atau kamar. Kalo ada semut ngariung pastilah tuduhan malas bersih-bersih langsung dialamatkan ke empunya rumah/kamar. 
Betulkah semut indikator seseorang malas bersih-bersih?


Tentu saya akan menyangkal. Meski kamar saya nggak bersih-bersih amat, tapi setidaknya saya selalu berusaha mensterilkan kamar dari sampah organik yang mengundang serangga buat berkunjung. Tapi, kenapa saya masih menjumpai pasukan semut berbaris rapi di dinding dan lantai? *ngomong sama sapu*


Adalah tweet seorang Fira Basuki yang membuat saya jadi memerhatikan serangga berkaki enam itu (bukannya semua serangga kakinya enam ya?). Saya lupa persisnya, tapi novelis cantik itu pernah menulis bahwa semut itu nggak perlu dibunuh. Mereka berkeliaran karena udah diprogram Tuhan untuk menjalankan hidupnya: mencari makan buat kelangsungan kelestarian populasi dan spesies mereka. 8')


Sejak itu, meski aplikasi games Ant Smasher ter-installed di ponsel cerdas tapi jangan pernah minta saya untuk melakukan smashing the ants di dunia nyata. Seringnya saya lebih memilih meniup si semut yang kepergok nangkring manis di permukaan kulit tubuh saya sampe dia terbang. Meski kadang sebel kalau ada semut yang bertahan tiarap menghindari hembusan angin yang saya tiupkan ituh. Mungkin udah waktunya melicinkan kulit supaya semut dan nyamuk yang hinggap di permukaannya kepeleset hehehe *BRB luluran*


Dalam salah satu edisinya, Prevention menulis artikel tentang "Belajar Dari Alam" di mana semut adalah salah satu guru yang disediakan Tuhan untuk kita tiru bagaimana mereka dengan semangat berkolaborasi untuk kepentingan bersama. Artikel ini sungguh menggelitik semangat observasi saya pada sekumpulan semut yang belakangan sering mondar-mandir di salah satu dinding kamar. Semut-semut memang seringkali menjadikan kamar saya sebagai transit untuk menghantar kiriman makanan yang mereka temukan hari itu buat sang Ratu. Barang bukti berupa mayat laron (yang dipungut dari luar kamar segera setelah hujan mereda) atau jenazah hewan lain dalam bentuk potongan tentu saja. Dan belum pernah saya menemukan para semut itu mengusung sisa cemilan yang tercecer di lantai kamar. Mungkin gak doyan karena cemilan saya cabe kering hihihi


Adalah satu malam, barisan semut itu mengerumun sesuatu-entah-apa dengan diameter 1 cm dalam posisi vertikal.  Menakjubkan karena dilihat dari morfologinya, hasil temuan itu pastilah lumayan berat. Posisi semut dan sesuatu-entah-apa itu berjarang satu meter lebih dari permukaan lantai! Dan beberapa menit kemudian saya mendengar suara "pluk" yang gak lain adalah benda itu terjatuh di lantai. Bayangin, kerja keras para semut memanjat dinding (yang pastinya gak gampang macam atlit panjat tebing) sia-sia dong. Tapi, apa yang terjadi sodara-sodara alih-alih berhenti barisan semut di belakangnya dengan sigap mengambil alih tugas mengerumun obyek buruan mereka itu untuk kemudian diangkut lagi sebagai persembahan makan bersama. Apakah semut yang mem-back up tugas angkut-mengangkut itu misuh pada semut di depannya (yang dengan suksesnya menggagalkan kerja keras mereka karena makanan yang jatuh itu)? Enggak! 


Semut berbagi porsi pekerjaan dengan timnya sesuai kapasitas. Kalau satu semut menemukan makanan, ia akan mengabarkan pada koloninya. Itulah sebabnya semut kalau ketemu selalu salaman dengan sesamanya.  Semangat semut yang ogah menyerah sampai makanan terangkut sampai ke sarang meski mungkin aja di tengah perjalanan terhadang resiko mati diinjek manusia yang menganggap semut cuma ngotorin ruangan, adalah spirit yang mustinya kita punyai dalam setiap penggapaian keinginan.


Semangat semut yang mengedepankan kolaborasi untuk hasil akhir kepentingan bersama itu mungkin terdengar usang tapi jadi barang langka yang makin susah ditemukan sekarang. Seringkali justru sebaliknya: kalo di tim udah ada yang ngerjain buat apa susah-susah. Tinggal metik hasilnya aja lah, dan kalau perlu klaim itu pekerjaan kita ketika datang pujian bertubi-tubi. 


Masa sama semut aja kalah.... 











Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

8 comments:

Ceritaeka said...

Ya udh No, ayo kita kerja sama.
Kamu menampung lemak2ku gimana?
*ditendang* :))

Ade Sri said...

good idea tuh, biar dunia seimbang. *loh*

Lindaleenk said...

tante naga, aku juga mau deh kerja sama ke kamu..tapi kayak mba eka gt..transfer lemak..
tapi ga mau transfer tulang ya *dikepruk*

Kirana said...

semut kan termasuk hewan yang tidak boleh dibunuh. 3 hewan yang tidak boleh dibunuh:
1. semut
2. lebah
3. kodok/katak

didut said...

*baca komen eka* *siap nyumbang lemak*

Anonymous said...

Dari pada pakai kapur semut yg dibuat dgn mencelup kapur ke insektisida, mending pakai pengusir semut alami (pengusir, bukan pembunuh). Misalnya, air cabe, lada halus yg dioles atau di tabur di kaki meja makan, lemari makan dll.

Oom Yahya said...

Good post, inspiring.
Eh, ini bukan komentar dari bot lho ya.

mbandah said...

susah bayangin semut salaman mbak.. :-D