Counting the days ...

3 hari menjelang 28 Maret 2009...

Ada apa dengan tanggal itu? Rekening bakal nambah karena payday? Heheh amin amin dua juta amin.
Facebook gw mencatat ada beberapa peristiwa bersejarah yang bakal terjadi pada hari itu. Selain Facebook developers day yang umumnya jadi ajang mingle para single *aheyy*, sharing session para pengkoding, plus perang kartunama marketer, ternyata ada satu event yang sejak lama menggelitik gw buat join.

Bertajuk Earth Hour 2009, pada hari ini selama 60 menit saja kita diimbau untuk memadamkan listrik. Kenapa cuma 1 jam? Karena 1 hari kelamaan, sementara aktivitas kita mau gak mau bergantung pada sumber energi berbasis ion negatif positif ini... hehehe

Sebenernya sih, ini merupakan awal dari satu gerakan penyadaran untuk lebih menghemat energi. Inget kan waktu Jawa-Bali padam, padahal bukan waktu Nyepi? Nahhh... ditengarai ini akibat pasokan energi listrik terbatas, pembangkit kita gak sanggup memenuhi permintaan masyarakat akan listrik.

Inget slogan Hemat energi hemat biaya? Ini juga merupakan salah satu himbauann dari pemerintah supaya kita bisa lebih mengurangi konsumsi energi listrik yang gak penting. Sayangnya, kata "biaya" gak menyentuh mereka yang dari sisi finansial udah lumayan aman. Kampanye ini pun ketika dilempar ke masyarakat kelas bawah yang price sensitive gak terlalu mengena karena boro-boro buat ngirit listrik, sambungan listrik pun belum diterima.

Kalo dipikir-pikir, iya juga sih kita tuh boros bener urusan make listrik. Pernah iseng ngitungin berapa banyak gadget yang terpasang selalu ON di rumah? Ternyata eh ternyata, kalo aja kita mau berbaik hati memadamkan lampu kamar saat tidur malam, selain lebih bagus buat mata dan raga juga sangat bersahabat buat kelangsungan pasokan energi listrik.

BTW, 1 jam mungkin kedengarannya belom berarti banyak. Tapi bayangin kalo yang ngelakuin itu adalah 8juta penduduk Jakarta ditambah sekian juta masyarakat sekitarnya... it would be so useful guys !!!

Gw sih lebih setuju lagi kalo gerakan matiin lampu ini bukan cuma sehari, tapi setiap malam sepanjang tahun selama kita masih bernafas *hahaha lebay*. Siang juga deh.. hehehe. Kan udah ada matahari, ngapain juga nyalain lampu?

BTW, gw baru inget sebelom berangkat tadi udah matiin lampu yang gak penting belum ya?
Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

1 comments:

Dini Sunata said...

setuju bgt!!!secara hemat energi hemat biaya!!!cieee slogan apaan tuh yag?!